Blog

July 19, 2018

Karya Bhakti TNI Perkotaan Diselenggarakan di Desa Kabunan

Kabunan– Untuk mewujudkan kepedulian dan peran serta satuan jajaran TNI AD antara Pemerintah Kabupaten Tegal dalam menunjang pelaksanaan program pembangunan daerah guna mempercepat perkembangan kota, serta meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tegal bekerja sama dengan Brigif 04/ Dewa Ratna menggelar acara Karya Bhakti TNI Perkotaan Tahun 2018, di Desa Kabunan, Kecamatan Dukuhwaru, Kamis (19/7).


Dalam kegiatan tersebut turut hadir Sekretaris Daerah Kabupaten Tegal, Widodo Joko Mulyono mewakili Plt Bupati Tegal Umi Azizah.

Dalam sambutannya, Joko mengatakan bahwa diselenggarakannya Karya Bhakti TNI adalah untuk membantu otoritas sipil dalam mensejahterakan masyarakat melalui pembangunan fasilitas umum masyarakat maupun membantu percepatan pembangunan di daerah, serta mewujudkan sasaran pembinaan teritorial.
Diantaranya, meningkatkan kemanunggalan TNI-Rakyat, meningkatkan kerjasama dan melestarikan budaya gotong royong dalam kehidupan masyarakat sehari-hari, meningkatkan taraf hifup masyarakat, serta meningkatkan arus lalu lintas perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.
Harapannya, dalam kegiatan Karya Bhakti TNI ini dilaksanakan dengan semangat kebersamaan dan kegotong royongan akan dapat memberikan kemudahan untuk mengatasi permasalahan yang kita hadapi.
“Semua bahu membahu, memberikan sumbangan pikiran, ide dan gagasan, sumbangan tenaga dan ketrampilan, sumbangan materi dan kebendaan, sehingga banyak permasalahan yang dapat diselesaikan, serta pekerjaan berat akan terasa ringan,” paparnya.


Melalui kegiatan fisik yang dilaksanakan, antara lain pembangunan jalan, talud, jembatan, serta prasarana fisik lainnya merupakan hasil kegiatan TMMD dan Karya Bhakti TNI selama ini telah kita rasakan kualitasnya dan kemanfaatannya.
Demikian pula, kegiatan non fisik yang telah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat dalam turut serta mesukseskan program keluarga berencana, meningkatkan tingkat kesehatan, meningkatkan hasil pertanian dan perekonomian masyarakat. “Tidak ketinggalan pula upaya untuk terus menerus mengedukasi masyarakat tentang nasionalisme, bela negara, ancaman terorisme dan radikalisme, serta bahaya narkoba dan AID,” tegasnya.
Sementara itu, Kepala Dispermades Prasetiawan menjelaskan program karya bhakti TNI perkotaan adalah kerjasama Pemda dengan Brigif 04/ Dewaratna yang bersumber dari APBD sebesar Rp. 195 juta.
“Karya Bhakti di Desa Kabunan ini akan memperbaiki jalan sepanjang 2 km , sehingga mempermudah masyarakat khususnya petani dalam sarana transportasi,” paparnya.


Menurut Komandan Brigif 04/ Dewa Ratna Hartono, kegiatan Karya Bhakti TNI perkotaan Tahun 2018 akan melibatkan 40 anggota TNI, dengan dibantu oleh unsur Linmas 10 orang serta masyarakat sekitar 50 orang yang akan berlangsung selama 21 hari.
“Selain memperbaiki jalan, kami juga akan membangun gorong-gorong ini adalah wujud peran aktif TNI dalam upaya membantu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sebagai wujud Kemanunggalan TNI,” ujarnya.
Upacara kegiatan Karya Bhakti TNI Perkotaan berjalan lancar dihadiri oleh Kasat Sabhara Tegal Aries Heriyanto, Kasdim 0712 / Tegal Akhmad Azis, Camat Dukuhwaru Noor Alina Agustini, Pemerintah Desa setempat serta Forkopinda Kabupaten Tegal. (Setda/Izza)

Artikel, Berita
About admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Text Widget
Aliquam erat volutpat. Class aptent taciti sociosqu ad litora torquent per conubia nostra, per inceptos himenaeos. Integer sit amet lacinia turpis. Nunc euismod lacus sit amet purus euismod placerat? Integer gravida imperdiet tincidunt. Vivamus convallis dolor ultricies tellus consequat, in tempor tortor facilisis! Etiam et enim magna.